PENGENALAN KOMPUTER


 
Pada bab ini Anda akan belajar:
  1. Tujuan Merakit Komputer
  2. Defenisi Komputer
  3. Bagian-Bagian Komputer
  4. Sejarah Komputer
  5. Klasifikasi Komputer





1.    Tujuan Merakit Komputer
Sebelum kita mulai merakit sebuah PC maka pertanyaan paling penting yang harus kita jawab adalah:
  1. Untuk tujuan apakah komputer tersebut kita rakit?
  2. Kualitas seperti apa yang saya inginkan ?
  3. Seberapa ‟tebal‟ kantong saya ?
Hanya jika ketiga pertanyaan ini telah kita jawab barulah dengan mudah kita merakit PC. Mengapa demikian? Sebab  pasaran  komputer  ibarat sebuah hutan rimba yang harus kita jelajahi dan  jika petunjuk tidak jelas kita bisa tersesat. Para penjual komputer  menyediakan sangat banyak pilihan dan kadang-kadang kita sebagai orang awam bingung dalam memilih. Beikut ini kami mencoba memberikan gambaran umum komputer yang  dapat digunakan  untuk spesifikasi tertentu. Agar  tidak kecewa di  kemudian  hari, carilah dengan cermat, atau bagi yang masih awam, sebaiknya belilah komputer di tempat-tempat  terpercaya. Jangan  lupakan  pula garansi  produk hardware tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.
1)    Komputer Office
Jika komputer  hanya digunakan  untuk menjalankan  program office, disarankan tidak perlu komputer dengan spesifikasi tinggi. Hal ini karena akan menghasilkan ketidakseimbangan  antara kinerja dan  dana yang  dikeluarkan. Untuk itu  kita cukup menggunakan komputer dengan spesifikasi sebagai berikut.
Prosesor                       : Intel Pentium IV solo (2,4 GHz)
Memori                         : DDRAM 512 MB
VGA dan sound card     : onboard
2)  Komputer Multimedia dan internet
Untuk menjalankan aplikasi multimedia dan hiburan, dan  internet disarankan menggunakan komputer dengan spesifikasi menengah, tetapi dengan sound card dan speaker yang  bagus (format  suara 5.1 ke  atas). Jangan  lupa  lengkapi dengan monitor ukuran 17″ dan perangkat hiburan lainnya, seperti TV turner, FM turner, dan TV capture, modem.
Prosesor        : Intel Pentium IV 3,0 GHz
Memori          : DDRAM 1024 MB
VGA card       : Misalnya Ge-Force dengan kapasitas 256 MB DDR
3)   Komputer Desain Grafis dan Video Editing
Untuk keperluan desain grafis terutama videio editing, membutuhkan spesfikasi yang besar maka disarankan untuk menggunakan komputer dengan spesifikasi di atas rata-rata. Hal  ini  karena dibutuhkan  komputer  dengan  performance  yang baik dan tampilan detail grafik yang tinggi.
Monitor         : Ukuran 17″.
Prosesor        : Intel Pentium IV  Core2Duo 2,0 GHz atau AMD yang setara.
Memori          : DDRAM 2 GHz
VGA card       : Ge-Force dengan kapasitas, 512 MB DDR
4)   Komputer  Game
Komputer untuk game memerlukan spesifikasi yang tinggi. Selain membutuhkan performance  dan  tampilan  detail  grafik yang baik, juga diperlukan VGA card yang mampu mendukung 3D. Supaya lebih  sempurna, dukungan  monitor ukuran  17″ tidak dapat  dielakkan. Kartu  suara di  atas rata-rata dipadukan dengan speaker yang baik akan memberikan kenikmatan bagi para gamers.
Prosesor        : Intel Pentium  IV Core 2 Duo 2,0 GHz atau di atasnya
Memori          : DDRAM 2 GHz
VGA              : Ge-Force atau ATI RADEON  terbaru dengan kapasitas minimal 512 MB DDR
Gamers biasanya memainkan komputernya dalam waktu yang lama, sehingga PC selalu bekerja keras dan tingkat  suhunya di  atas rata-rata. Oleh  karena itu sistem pendinginan  pada PC harus bisa berjalan dengan baik. Kita harus menambah kipas pendingin pada CPU agar udara panas bisa keluar dengan cepat. Sebaiknya pilihiah kipas pendingin yang sudah dilengkapi soket power. Hal ini untuk memudahkan kita memasangnya.

5)   Komputer untuk Server
Komponen-komponen komputer yang digunakan sebagai  server harus memiliki spesifikasf yang tinggi. Komponen yang dipilih juga harus memiliki life time yang relatif lama. Perlu  diingat bahwa komputer server digunakan secara terus menerus,  bahkan bisa mencapai berbulan-bulan nonstop. Komputer  server ini juga harus memiliki kestabilan dan kecepatan  transfer  data yang tinggi. Agar komputer server bekerja dengan  optimal, prosesor yang digunakan harus memiliki cache memory tinggi.
Prosesor        : Intel Pentium Xeon atau Itanium dan AMD MP yang memiliki cache memory hingga 2 MB
Memori          : DD/RD-RAM di atas 3 GB
Motherboard  : Sebaiknya memiliki soket dual prosesor
Harddisk       : Yang memiliki interface SATA dengan kapasitas di atas 200 GB
VGA              : Tidak perlu spesifikasi tinggi, menggunakan yang onboard pun tidak masalah.
2.   Defenisi Komputer
Komputer berasal dari bahasa Inggris computer dengan kata dasar to compute yang artinya menghitung. Jadi secara harafiah computer berarti mesin hitung. Tetapi dalam  perkembangan selanjutnya, banyak fungsi yang dapat dilakukan  oleh  mesin kecil ini jika kita dapat menyusun perintah-perintah kepada komputer atau yang kita sebut sebagai program aplikasi.
3.   Bagian-Bagian Komputer
Dalam garis besarnya, komputer sebagai sistem terdiri dari 3 bagian pokok yaitu:
1.  Perangkat Keras (Hardware)
Terdiri dari Keyboard, Monitor, Central Processor Unit (CPU), Disket, Mouse, dan Printer. Perangkat-perangkat ini akan dijelaskan pada CHAPTER 2
2.  Software (perangkat lunak) 
Software yang dimaksud disini yaitu sistem operasi misalnya; Windows XP dan sistem aplikasi MS. Office dan lain-lain.
3.  Brainrware
Manusia adalah bagian dari komputer sebab manusia yang  merancang, mengoperasikan, dan mengendalikan komputer.
4.   Sejarah Komputer
Gagasan tentang komputer sebagai alat hitung mulai muncul pertama kali pada tahun 1822, ketika seorang ahli  matematika bangsa Inggris yaitu  Charles Babbage menciptakan  suatu mesin hitung yang disebut difference engine. Mesin tersebut dipakai untuk menghitung tabel-tabel matematik.
Kemudian pada tahun 1833, Charles Babbage  mengembangkan lagi difference engine dengan konsep yang  lebih  mendalam dan  umum. Mesin  yang  baru  ini dinamakan  analytical engine. Mesin ini dapat melaksanakan kalkulasi apa saja, sehingga mesin  inilah  yang  untuk pertama kali  dikenal  sebagai  general  purpose digital komputer.
Sumbangan Charles Babbage ini sangat besar bagi dunia komputer zaman sekarang karena prinsip  kerja dari  kedua mesin itu merupakan dasar kerja komputer sekarang, termasuk di dalamnya  peralatan input, memory komputer, stoed program dan lain-lain. Karena sumbangan yang sangat besar ini, Charles Babbage dianggap sebagai bapak komputer modern.
Kemudian pada tahun 1937, Prof. Howard Aikem, seorang  ahli matematika dari Universitas Harvard mulai merancang  pembuatan sebuah komputer yang mampu melakukan operasi  aritmatika dan logika secara otomatis. Komputer tersebut mulanya secara mekanik elektronik. Kemudian dengan bantuan  perusahaan IBM, pada tahun 1944, komputer tersebut terselesaikan secara elektronik. Komputer yang baru diberi  nama        “Harvard Mark I Automatic  Sequence-Controlled Calculator  (ASCC). Komputer inilah yang merupakan suatu realisasi dari  apa yang diimpikan oleh Charles Babbage. Komputer Harvard  Mark  I  ini, jika  dibandingkan dengan  komputer  sekarang  tentu  mempunyai perbedaan  yang  sangat  menyolok, terutama dalam hal kecepatan.
5.   Klasifikasi Komputer
1.  Berdasarkan data yang diolah ;
Analog komputer yaitu komputer yang dibuat untuk mengolah data yang bersifat kualitatif misalnya; warna, kecepatan angin, temperature, kelembaban dan lain-lain.
Digital komputer yaitu komputer yang dibuat untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif, proses kerjanya bersifat arithmetic dan logic.
Hybrid komputer merupakan gabungan antara Analog  Komputer dengan Digital Komputer. Data diterima secara analog dan diproses secara digital.
2.  Berdasarkan Fungsinya
General Purpose Computer, komputer yang dibuat untuk melakukan berbagai macam pekerjaan misalnya; PC saat sekarang ini.
Special Purpose Computer, komputer yang dibuat untuk tujuan khusus misalnya; mesin penjawab telephon, komputer sistem pertahanan dan lain-lain.
3.   Berdasarkan kapasitas dan daya tampung memory yang digunakan;
Small Scale Computer
Medium Scale Computer
Large Scale Computer
4.  Berdasarkan perkembangan teknologi elektronisnya ;
Generasi I       : menggunakan tabung hampa (Vacum tube)
Generasi II      : menggunakan Transistor
Generasi III     : menggunakan IC (Integrate Circuit)
Generasi IV     : menggunakan Metalic-Oxyd Semi Conductor Large Scale Integration (MOS LSI)
Generasi V      : menggunakan Chip

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PENGENALAN KOMPUTER "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel