Akses Internet di mikrotik


Setelah sebelumnya kita mempelajari fungsi dan kegunaan winbox untuk konfigurasi mikrotik seperti Artikel sebelumnya ( Disini ). Berikutnya sesuai judul di atas. penulis akan membahas cara memberikan akses internet kepada mikrotik.
Ada berbagai cara untuk memberikan akses internet ke mikrotik, bisa menggunakan USB Modem dan juga bisa menghubungkan ke modem ISP / Router yang memiliki akses internet. Tapi intinya sama saja, hanya berbeda sedikit konfigurasinya....
Ok kita perhatikan topologi berikut :

Dari gambar di samping maka di peroleh sebagai berikut.
1.      IP Address Internet = 192.168.0.1
2.      Nnetwork                = 192.168.0.0/24
Selanjutnya kita tentukan interface mikrotik yang akan kita gunakan atau kita hubungkan dengan internet. Di sini penulis menggunakan ether 1.
1.      Langkah pertama. memberikan IP Address pada mikrotik dengan cara klik IP => Address  

2.      Pada jendela Address List tekan tanda tambah (+)

3.       maka akan muncul jendela baru New Address, tentukan IP Address dan interfacenya. Sesuai IP Address di atas sudah di pastikan Range Ip Addressnya 192.168.0.1-192.168.0.254. maka penulis di sini menggunakan Ip 192.168.0.2/24 sebagai contoh nya. dan menggunakan interface ether1 kemudian klik Apply => Ok. Ohya networknya kosongin saja nanti akan otomatis terisi sendiri.

4.      untuk menguji Antar IP Address sudah terkoneksi atau belum kita bisa menggunakan ping seperti langkah berikut. ketik New Terminal. Maka muncul jendela terminal.

5.      Masukkan perintah ping 192.168.0.1 ( 192.168.0.1 ip internet ). Pastikan balasan tidak Request Time Out (RTO). Dan mendapatkan balasan seperti berikut.

6.      Langkah selanjutnya menambah DNS Server. Dengan cara klik IP => DNS

7.      Maka Muncul DNS Settings. Untuk DNS nya bisa menggunakan DNS Google atau yg lainnya. Disini penulis menggunakan DNS Google yaitu 8.8.8.8 dengan cara memasukkan pada Kolom Servers setelah itu klik Apply => Ok.

8.      Langkah Terakhir Menambah Gateway sebagai gerbang untuk akses ke internet dengan cara klik IP => Routes, maka muncul jendela Route List.

9.      Pada Route List kemudian Klik Tombol Tambah (+), kemudian masukan IP Gateway / Ip Internet Tadi ( 192.168.0.1 ) pada kolom Gateway. Kemudian klik Aplly => Ok.

10.  Terakhir silahkan uji coba dengan cara ping ke google.com menggunakan terminal tadi. Jika kalian mengikuti langkah – langkah di atas dengan benar dan tepat. Pastinya sudah dapat terhubung ke Internet.

Demikian Ulasan Kali ini, apabila ada kesalahan kata dan pemahaman dari saya, mohon di maafkan dan terus berikan masukannya sebagai inspirasi bagi saya untuk lebih baik kedepannya..

  • Berikutnya penulis akan mengulas sharing Internet di mikrotik via kabel (static) disini.
  • Berikutnya penulis akan mengulas sharing Internet di mikrotik via kabel (Dynamic) disini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Akses Internet di mikrotik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel