Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Share internet mikrotik ke client menggunakan kabel (Static)

bocahkomputer.com - Ketemu lagi sobat bocah komputer. Kali ini penulis akan sedikit berbagi pengalaman sesuai judul di atas. Share internet mikrotik ke client menggunakan kabel (Static). Ohya untuk share internet ada 2 metode, bisa menggunakan static dan juga dhcp server namun kali ini penulis Cuma berbagi menggunakan static terlebih dahulu. Untuk yg dhcp insya Allah pertemuan berikutnya. 

Ok langsung saja langkah – langkahnya sebagai berikut , namun sebelum ke langkah-langkah ini, pastikan mikrotik anda sudah mendapatkan akses internet. Kalau belum bisa kunjungi disini Akses Internet di Mikrotik: 
Langkah pertama kita tambah dulu IP Addressnya di mikrotik, IP => Address kemudian pada jendela Address List klik tambah (+) kemudian untuk address di sini penulis contohkan sesuai topologi di atas 192.168.1.1/24, interfacenya sesuai topologi di atas karna ether1 sudah penulis pilih untuk menghubungkan ke internet, maka di sini penulis menggunakan ether2 sebagai penghubung ke komputer client, kemudian klik Apply => Ok 


Berikutnya konfigurasi NAT dengan cara sebagai berikut, IP => Firewall maka muncul jendela firewall.


Pada jendela firewall klik tab NAT kemudian klik tambah (+) maka muncul jendela New NAT Rule.


Pada jendela New NAT Rule seting sebagai berikut, Chain = srcnat, out interface = ether1 (karna ether1 sudah memiliki akses internet), kemudian klik tab Action, pada Action pilih masquerade. Setelah itu jangan lupa klik Apply => Ok. 


Karena ini static maka kita perlu setting di komputer kita seperti berikut. Klik Icon Network sebelah kanan bawah, kemudian klik open Network and Sharing Center.


Setelah muncul jendela baru kita klik Local Area Connection.


Setelah muncul jendela Local Area Connection, Klik Properties. Akan muncul jendela baru. Klik 2x pada Internet Protocol Version 4 (TCP/Ipv4)


Maka muncul pengaturan IP Address nya. Silahkah seting sesuai gambar di bawah. 

a. IP Address 192.168.2.1 ( Dalam satu Jaringan IP Address tidak boleh sama). 

b. Subnetmask 255.255.255.0 (didapat dari prefix /24) 

c. Default gatway 192.168.1.1 (Ip Address Mikrotik) 

d. DNS Server 192.168.1.1 (Ip Address Mikrotik) 

Kemudian klik Ok. 


Terakhir silahkan di ping dengan cara klik menu start kemudian tulis di pencarian cmd. Silahkan jalankan aplikasi cmd tersebut. Kemudian ketik perintah ping google.com -t di aplikasi cmd. Dan pastikan jawabannya tidak RTO. 


Demikian Ulasan Kali ini, apabila ada kesalahan kata dan pemahaman dari saya, mohon di maafkan dan terus berikan masukannya sebagai inspirasi bagi saya untuk lebih baik kedepannya.


Post a Comment for "Share internet mikrotik ke client menggunakan kabel (Static)"

Berlangganan via Email