Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

cara seting virtualbox terbaru lengkap dengan gambar

Daftar Isi [Tutup]
    hyyyy sahabat Bocah Komputer, kali ini penulis akan membahas tentang virtualbox, biasanya virtualbox ini sering di gunakan untuk menginstall sistem operasi tambahan di dalam sistem operasi utama, saat ini virtualbox ini sering di gunakan untuk Ujian Berbasis Komputer (UBK) sebut saja UNBK dan USBN-BK, namun kali ini penulis tidak akan membahas masalah itu. namun kali ini penulis hanya akan berbagi cara seting virtualbox untuk mengistall sistem operasi tambahan di komputer sahabat.
    Oke langkah utama, pastinya sahabat harus punya aplikasinya dan sudah di install di komputer sahabat, jika belum punya bisa download di sini.

    oke, jika langkah utama sudah maka langkah berikutnya silahkan sahabat buka aplikasinya dan pada pojok kiri klik Baru.

    pada jendela ciptakan mesin virtual, silahkan sahabat isi nama mesin virtualnya terserah sahabat, untuk tipe dan versi silahkan sahabat tentukan sesuai dengan sistem operasi yang akan sahabat install jika sahabat ingin menginstall sistem operasi windows 7, maka sahabat isi pada tipe "mikrosoft windows" dan versi "windows 7", atau jika sahabat mau menginstall linux debian. maka pada tipe sahabat pilih "linux" dan versi pilih "debian". setelah itu klik lanjut.

    selanjutnya menentukan RAM pada mesin virtual sahabat. silahkan sahabat tentukan bisa di geser ke kanan/ke kiri. biasanya untuk sistem operasi windosw karna mode GUI maka minimal RAM yang di pakek 1GB, kemudian jika sahabat menginstall linux versi CLI maka minimal RAM yang di gunakan cukup 500MB saja sepertinya sudah cukup. jika sudah silahkan klik lanjut.

    selanjutnya pada menu hardisk silahkan sahabat pilih saja buat hardisk virtual sekarang kemudian klik Buat.

    selanjutnya pada menu tipe berkas hardisk  pilih saja tipe VDI. kemudian klik lanjut.

    Selanjutnya menentukan penyimpanan pada hardisk fisik, sahabat bisa pilih mau mau di alokasikan secara dinamic atau Ukuran Tetap. di sini penulis menggunakan alokasikan secara dinamic. kemudian klik Lanjut.

    Selanjutnya menentukan lokasi dan ukuran berkas. sahabat bisa menggeser ke kanan / ke kiri untuk menentukan batas maksimal penyimpanan pada sistem opersi virtual nanti. jika sudah klik buat.

    jika sudah di buat maka akan tebuat mesin virtual baru di sebelah kiri, silahkan sahabat klik virtual barunya kemudian klik mulai.

    selanjutnya menentukan disk optik yang akan sahabat gunakan, jika sahabat menggunakan CD sebagai master ISO nya silahkan sahabat pilih Drive Host CD nya, jika sahabat menggunakan file ISO yang tersimpan di hardisk sahabat/flashdisk, sahabat klik ikon folder sebelah kanan. kemudian silahkan sahabat pilih file ISO setelah itu klik Open kemudian kemudian mulai.

    Demikian artikel yang dapat penulis bagi kali ini, kurang lebihnya penulis mohon maaf, dan jangan lupa untuk membaca artikel Bocah Komputer yang lain...
    Salam Sahabat Bocah Komputer

    Post a Comment for "cara seting virtualbox terbaru lengkap dengan gambar"