LAN, MAN, dan WAN

apa kabar sahabat bocah komputer, ketemu lagi nih, kali ini penulis mengulas sedikit tentang Local Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN), Wide Area Network (WAN), untuk PAN nya sudah penulis bahas di kesempatan sebelumnya di sini (Personal Area Network (PAN)).

Local Area Network (LAN).
baik sahabat Bocah Komputer mari kita mengupas sedikit tentang Jaringan LAN, jadi jaringan LAN itu merupakan sekumpulan peranti jaringan yang terhubung satu sama lainnya. biasanya jaringan ini sering di gunakan dalam perusahaan, laboratorium Komputer sekolah, dan di dalam gedung. jaringan ini memiliki jangkauan 100 m - 2 km, tergantung jenis kabel yang di gunakan nah untuk jenis kabel yang di maksud sama penulis akan di bahas di lain kesempatan, kali ini penulis fokus pada jaringan LAN Terlebih dahulu. masalah kecepatan pada jaringan ini bisa mencapai antara 1 - 100 Mbps atau sekitar 125.000 - 12.500.000 karakter perdetik. cobak kita perhatikan skema Local Area Network Berikut.
pada jaringan ini setiap peranti jaringan dapat berdiri sendiri bisa melalui kabel maupun nirkabel. kemudian apa yang membedakan jaringan ini dengan PAN ? yaitu letak peranti sentral yang bersifat pasif karena tidak di kontrol secara langsung oleh pengguna,.
berikut merupakan karakteristik yang di miliki oleh Jaringan Lokal.
  1. memiliki kecepatan transmisi 100Mbps hingga 1 Gbps.
  2. memiliki daya jangkauan berkisar 2 Km.
  3. biaya instalasi lebih murah ketika di terapkan pada banyak peranti jaringan.
  4. tidak membutuhkan jasa providder untuk menghubungkan jaringan.
media yang dapat di gunakan pada jaringan Lokal.
  1. media kabel ( seperti twisted pair dan fiber optic.
  2. media nirkabel seperti gelombang radio (wireless).
Metropolitan Area Network (MAN).
Berikutnya membahas jaringan yang lebih luas di bandingkan LAN yaitu Jaringan Metropolitan Area Network atau sering di sebut MAN. sebuah jaringan komputer dapat dikatan sebagai MAN apabila memiliki jarak media transmisi antara 10 - 50 Km.

Perhatikan pada skema di atas, jadi MAN merupakan gabungan beberapa LAN yang saling terhubung satu sama lainnya. sistem MAN biasanya di gunakan untuk menghubungkan antarkantor yang memiliki jarak jauh yang masih dalam satu sistem manajemen yang bertujuan untuk sinkronisasi sistem informasi, pengontrolan dan central sistem.

biasanya Jaringan ini dalam penerapannya sering memakai media wireless karna lebih murah biaya yang di keluarkan, lebih fleksibel dan handal di gunakan untuk koneksi jarak jauh di bandingkan media kabel.

Wide Area Network (WAN).
WAN merupakan sistem koneksi yang memiliki area wilayah yang luas, baik antar negara, benua bahkan di seluruh dunia, jadi dengan teknologi ini kita bisa terhubung dengan saudara kita yang berada di negara lain selama tersambung dengan jaringan.

perhatikan skema di atas, dari skema tersebut sebuah jaringan dapat di katakan sebagai WAN apabila memiliki jarak hubungan media lebih dari 100 Km. biasanya sistem WAN dalam penerapannya menggunakan sambungan berbasis satelit maupun kabel fiber optic yang di tanam di bawah laut. dalam masyarakat awam teknologi ini sering di sebut dengan internet.

demikian yang dapat penulis sampaikan apabila ada salah dan kekurangan mohon di maafkan. dan jangan lupa nongkrong terus di Blog Bocah Komputer. Salam Sahabat Bocah Komputer.

sumber gambar : https://icograms.com/usage-network-diagram.php

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "LAN, MAN, dan WAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel