Apa itu DNS Server? Pengertian DNS, Fungsi DNS, dan Cara Kerja DNS Server

Cara kerja DNS Server - DNS Server atau Domain Name System adalah sebuah layanan yang berfungsi untuk menerjemahkan IP Address sebuah komputer menjadi nama domain begitupun sebaliknya. Lantas apa yang di maksud Domain itu? Domain merupakan sebuah string atau nama unik yang di berikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau e-mail server yang ada di jaringan komputer atau internet agar mudah di gunakan oleh user.


Pembuatan DNS Server ini bermula dari teknologi HOST, yaitu sebuah metode yang mencatat IP Address komputer yang kemudian didistribusikan pada setiap jaringan dan komputer. Akan tetapi pada teknologi HOST ini memiliki kelemahan pada sistemnya yang harus memperbarui file HOST setiap kali terdapat mesin Server Baru. Jika tidak di perbarui maka akan sulit untuk mengakses server tersebut. Sehingga berkembanglah layanan DNS Server ini dengan tujuan untuk melayani setiap permintaan dari klient yang berupa query nama komputer atau nama domain yang di perlukan oleh sebuah server.

Sebagai contoh: kita pasti sering membuka situs google.com atau youtube.com. kedua situs tersebut merupakan situs yang memanfaatkan web server sebagai tawaran utama dalam fiturnya sehingga mereka memerlukan IP Address Public agar dapat di akses oleh para pengguna di dunia dengan aplikasi web server. Kita bisa bayangkan bahwa di internet pasti terdapat jutaan Web Server yang berjalan, sehingga akan membuat kita kerepotan jika harus menghapal setiap IP Address yang ingin kita kunjungi tersebut. Akan tetapi dengan adanya peran dari DNS Server ini maka kita di permudahkan untuk mencari dan mengakses nama-nama situs di internet.

Komponen Utama Sistem Proses Kerja DNS.


1. DNS Resolver ini adalah proses ketika komputer klient sedang meminta layanan DNS pada sebuah server melalui jaringan.

2. Recursive DNS Server berperan untuk melakukan pencarian alamat domain sesuai dengan permintaan dari Resolver.

3. Authoritative DNS Server, ini proses dimana server memberikan respon atas permintaan Resolver melalui Recursive DNS Server.

Cara Kerja DNS Server.


Pada saat kita sedang mengakses alamat https://bocahkomputer.com pada web Browser kita. Maka proses kerjanya dapat kita lihat sebagai berikut.

1. Istilah dari DNS Resolver ini bisa berupa aplikasi web Browser, command prompt, dan shell prompt yang memiliki fitur pencarian alamat domain tertentu, bisa dengan perintah nslookup atau dig. Pada proses pertama ini DNS Resolver akan mencari alamat domain pada file HOSTS yang tersimpan pada lokal komputer. Jika domain di temukan maka proses selesai, akan tetapi jika tidak di temukan, maka DNS Resolver akan mengirim  sebuah DNS Query menggunakan protokol UDP melalui port 53.

2. Jika terdapat layanan DNS Server yang sedang aktif pada port 53, maka server DNS akan mencari nama domain tersebut pada file data cache yang tersimpan. Jika di temukan maka akan di beri jawaban pada klient, akan tetapi jika tidak di temukan maka server DNS akan mencari domain tersebut pada file zones database. Dan jika masih belum di temukan juga maka pencarian akan di teruskan pada DNS Server lainnya. Dan setelah DNS Server lainnya tersebut telah memberikan jawaban tentang domain yang di maksud, maka hasil pencarian  tersebut akan di simpan dalam cache server dan di teruskan ke komputer klient.

Kesimpulan dari Proses DNS Server di atas


dapat kita simpulkan bahwa manfaat dari penerapan DNS Server dalam sebuah jaringan antara lain sebagai berikut:

1. Membuat dan menyimpan konfigurasi daftar zone domain tertentu.

2. Mesin Server harus menyediakan IP Address bagi yang memiliki domain di dalam jaringan.
3. Menerjemahkan IP Address ke Domain dan begitu sebaliknya.

4. Membantu pengguna untuk mengingat dan mempermudah dalam pencarian situs tertentu menggunakan Domain.

Demikian artikel tentang DNS Server ini yang dapat penulis bagi, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk terus kunjungi blog bocah komputer tercinta ini. Hehe

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa itu DNS Server? Pengertian DNS, Fungsi DNS, dan Cara Kerja DNS Server"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel