cara buka situs yang diblokir mikrotik

kali ini penulis ingin membahas sedikit tentang cara membuka situs yang di blokir mikrotik, cara ini sebenernya sangat mudah, bisa langsung menggunakan komputer, android, bahkan di mikrotik client pun juga bisa. tapi sebelum menuju ke pembahasan utama mari kita pahami dulu bagaimana mikrotik atau server mikrotik bisa memblokir situs tersebut. di sini sepengetahuan penulis ada beberapa cara untuk memblokir situs menggunakan mikrotik.

1. menggunakan Web Proxy.
2. Menggunakan DNS.
3. Menggunakan Firewall.

dari ketiga cara tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing dan dari ke tiga cara tersebut juga memiliki tampilan keterangan yang berbeda-beda, sebagai contoh untuk tampilan situs yang di blokir menggunakan metode Web Proxy maka akan tampil keterangan seperti pada gambar berikut:
sedangkan jika kita menggunakan metode Firewall untuk memblokir sebuah situs maka di saat kita mengunjungi situs tersebut, prosesnya akan mutar-mutar hingga akhirnya akan muncul keterangan seperti pada gambar berikut:
kemudian apa tujuan seorang admin memblokir situs tersebut, banyak hal yang di pertimbangkan oleh seorang admin jaringan untuk memblokir beberapa situs seperti contoh download, streaming, apa lagi dengan konten-konten yang kurang baik. jadi jangan heran lagi di saat kita membuka beberapa situs tapi situs tersebut tidak bisa padahal untuk akses yang lain lancar...
demikian penjelasan sedikit yang penulis pahami, jika ada kekurangan mohon untuk di tambai, berikutnya kita langsung saja Mengatasi Situs Yang di Blokir Mikrotik

1. Membuka Situs Yang Di Blokir Mikrotik Menggunakan Smartphone / Android

yang pertama kita mencoba untuk membuka situs yang di blokir menggunakan hp android, sebenarnya untuk yang pertama ini sangat mudah kita hanya membutuhkan sebuah aplikasi penyedia VPN untuk melompati atau membaypass pemblokiran tersebut, Sebagai Contoh aplikasi yang bisa di gunakan salah satunya adalah Turbo VPN dan banyak yang lain, tinggal sahabat bocah komputer download saja dari playstore.

dalam penggunaan aplikasi tersebut tidak ada langkah yang sulit, setelah sahabat bocah komputer download dan install aplikasi tersebut di hp sahabat bocah komputer, langsung saja di buka aplikasinya kemudian klik tombol Konek atau ikon wortel, tunggu beberapa saat hingga aplikasi tersebut ber status Connect, jika sudah maka situs yang tadi di blokir kini sudah bisa sahabat Bocah Komputer buka kembali.

2. Membuka Situs Yang Di Blokir Mikrotik Menggunakan PC / Laptop

yang ke dua ini sama caranya dengan langkah yang pertama, kita memanfaatkan VPN untuk membaypass situs yang di blokir, hanya saja aplikasi yang di gunakan berbeda, di sini penulis sering menggunakan aplikasi Psiphone karena aplikasi tersebut sudah tersedia untuk PC dengan Sistem Operasi Windows sebenernya bisa menggunakan cara manual tapi menggunakan aplikasi ini lebih mudah. aplikasi tersebut bisa sahabat bocah komputer dapatkan dari situs resminya https://www.psiphon3.com/id/index.html, Nah biasanya penulis menggunakan ini karena di tempat penulis bekerja untuk Iklan GA di blokir sedangkan pada blog penulis dalam pengajuan, maka untuk mengecek iklan sudah muncul atau belum, maka penulis menggunakan aplikasi ini.. untuk penggunaanya juga terbilang mudah apa lagi ini aplikasi portable jadi tinggal sahabat bocah komputer download saja kemudian tinggal di klik konekkan. jika sudah konek maka situs tadi yang di blokir sudah bisa di buka kembali.

3. Membuka Situs Yang Di Blokir Mikrotik Menggunakan Mikrotik

yang ketiga atau yang terakhir ini, adalah yang paling penulis rekomendasikan jika sahabat bocah komputer memiliki mikrotik, karena dengan menggunakan metode ini maka semua yang terkoneksi dengan mikrotik kita maka otomatis situs yang terblokir tadi bisa di buka, bayangkan jika kita memiliki 10 komputer dan 5 hp android, masak iya kita akan menginstall aplikasi VPN di setiap perangkat tersebut, nah untuk solusinya sahabat bocah komputer bisa menggunakan cara ini, konfigurasinya juga mudah.

langsung saja untuk konfigurasinya seperti di bawah ini.

Langkah pertama, silahkan sahabat bocah komputer download dulu untuk aplikasi winboxnya bisa melalui link ini https://www.bocahkomputer.com/2018/12/download-winbox-mikrotik-cara.html jika sahabat bocah komputer sudah punya aplikasi winbox maka lanjut langkah berikutnya.

Langkah Kedua, sahabat bocah komputer login ke mikrotik sahabat bocah komputer melalui aplikasi winbox tadi, jika masih belum bisa untuk caranya sahabat bocah komputer bisa pelajari terlebih dahulu di link pada langkah pertama.

Langkah Ketiga, setelah masuk ke mikrotik sahabat bocah komputer bisa klik IP > Firewall > NAT yang bisa sahabat bocah komputer temukan pada menu sebelah kiri, jika Window NAT muncul sahabat bocah komputer seting sebagai berikut :
  • chain = dstnat
  • protocol = tcp
  • dst.port = 53
jika bingung bisa sahabat bocah komputer sesuaikan seperti gambar berikut :
kemudian klik pada tab Action, kemudian sahabat bocah komputer setting sebagai berikut :

  • action = dstnat
  • to addressess = 208.67.220.220 (Open DNS)
  • to ports = 5353
Seperti pada gambar berikut :
Kemudian klik tombol "Apply", setelah di klik tombol "Apply" kemudian klik tombol "Copy" di sebelah kanan untuk menduplikasi rule tersebut, maka akan muncul window dublikat, pada Window duplikat tersebut klik tab general, pada Kolom protocol pilih udp kemudian klik "Apply".
seperti pada gambar berikut :

Langkah Keempat, agar kedua konfigurasi yang kita buat barusan di eksekusi duluan kita drag ke dua Rule tersebut dan tarik ke bagian atas sendiri. seperti gambar berikut :
Langkah Kelima, ini merupakan langkah terakhir yang kita lakukan adalah merefresh DNS mikrotik kita dengan cara Klik Menu IP > DNS pada menu sebelah kiri, setelah muncul window DNS kemudian kita klik Tombol Cache pada menu sebelah kanan window DNS, lalu klik tombol Flush cache. seperti gambar di bawah ini, dan akhirnya tara situs yang awalnya di blokir kini bisa di buka kembali.

Demikian artikel yang dapat penulis bagi, semoga bermanfaat dan juga jangan lupa gunakanlah dengan bijak.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "cara buka situs yang diblokir mikrotik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel