Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi PRINT dan ECHO pada PHP

Bagi Sahabat Bocah Komputer yang baru mengenal atau belajar tentang PHP, mungkin akan bertanya, kenapa menggunakan perintah ECHO untuk menampilkan output ke browser? Kenapa kok tidak menggunakan perintah PRINT? ini di sebabkan karena perbedaan esensial yang harus diperhatikan, akan tetapi perintah di atas tersebut memiliki fungsi yang sama.
Perintah PRINT memiliki fungsi sebagai fungsi pada umumnya dan memiliki nilai kembalian berupa integer 1. Sehingga perintah PRINT dapat di gunakan sebagai bagian dari sebuah ekspresi yang kompleks, sedangkan Perintah ECHO mampu menerima lebih dari 1 parameter dan tidak memiliki kembalian.

Sedangkan Perintah ECHO memiliki fungsi yang sama seperti halnya perintah PRINT akan tetapi jika kita menggunakan Perintah ECHO maka akan di eksekusi lebih cepat dari pada menggunakan Perintah PRINT, ini di karenakan perintah ECHO hanya menampilkan output saja tanpa mengerjakan hal lainnya. Dan pada umumnya nilai kembalian dari sebuah string (print) hampir tidak pernah diperlukan.

Selain ini perbedaan yang lain antara fungsi PRINT dan Fungsi ECHO terdapat pada kemampuan untuk menampilkan data output, dimana jika kita menggunakan Fungsi PRINT maka hanya akan mampu menampilkan 1 data output saja, sedangkan jika kita menggunakan Fungsi ECHO maka akan mampu menampilkan lebih dari satu data output dengan menggunakan koma (,) sebagai pemisah.
Mari kita perhatikan contoh berikut:
<?php
//Contoh fungsi echo
$nama = "RIO";
$alamat = "MADIUN";
$a1 = "O";
$a2 = "K";
$a3 = "E";
echo"Nama Saya $nama, Saya tinggal di $alamat", $a1, $a2, $a3;
?>
 
Maka hasil yang di dapat seperti berikut :

<?php
//Contoh fungsi print
$nama = "RIO";
$alamat = "MADIUN";
$a1 = "O";
$a2 = "K";
$a3 = "E";
print"Nama Saya $nama, Saya tinggal di $alamat", $a1, $a2, $a3;
?>
Maka hasil yang di peroleh sebagai berikut:

Pada browser menampilkan kesalahan pada baris script nomor 8, PHP menemukan bahwa fungsi print yang kita tuliskan salah di karenakan   file memiliki lebih dari satu output.

Demikian apa yang bisa tulis, temukan hal lainnya hanya di bocah komputer.

Post a Comment for "Fungsi PRINT dan ECHO pada PHP"

Berlangganan via Email