Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

membangun server untuk ujian berbasis android atau cbt

Computer Based Test (CBT) adalah Sistem pelaksanaan ujian dengan menggunakan media komputer, android, dan IOS. Aplikasi yang di gunakan untuk melaksakan ujian ini adalah aplikasi HTML sehingga aplikasi ini dapat berjalan di semua OS, misalkan android, IOS dan semua sistem operasi komputer, yang terpenting untuk menjalankan aplikasi ini kita membutuhkan web Browser, misal google chrome, dll.

Untuk aplikasi ini Sekarang sudah banyak bertebaran di internet, dan juga sudah banyak developer yang membuat aplikasi ini, ada yang berbayar dan juga ada yang gratis, ada yg sudah dalam bentuk vhd dan juga masih dalam bentuk file mentah, sehingga kita sebagai pengguna tinggal memilih mana yang enak buat kita, yang mudah dan juga stabil, dan tentunya dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kali ini penulis akan membahas salah satu aplikasi tersebut yang penulis gunakan untuk ujian di salah satu sekolah swasta, yaitu aplikasi beesmart, kenapa penulis memilih beesmart, tentu alasan pertamanya adalah aplikasi ini gratis, hehe kemudian untuk alasan keduanya aplikasi ini dari segi tampilan hampir sama dengan aplikasi UNBK yang sering kita gunakan, sehingga anak-anak sebelum UNBK sudah terbiasa dengan CBT ini... Dan alasan berikutnya aplikasi ini ada file mentahnya, sehingga kita bisa langsung pasang di sistem operasi utama kita tanpa menggunakan Mesin Virtual seperti Virtual Box, sehingga menurut penulis ini membuat kinerja komputer kita lebih ringan. Tentunya bukan cuma beesmart yang memiliki file mentah, yang lain juga banyak, tinggal selera sahabat bocah komputer aja mau menggunakan yang mana, untuk seting dan pengaplikasiannya sama saja kok..

Alat dan bahan yang di perlukan untuk membuat server CBT.
1. Komputer / laptop
2. Aplikasi CBT ( untuk punya penulis bisa di download di akhir artikel ini )
3. Web Server ( kunjungi di sini )
4. XAMPP ( bisa di download di akhir artikel)
5. Router (usahakan yang ada Wifi-nya)
6. Access Point ( untuk siswa yang ujian menggunakan smartphone dengan kualitas banyak)

Langkah-Langkah membangun server CBT.

Langkah awal ialah membangun web server, jika sahabat bocah komputer masih belum paham apa itu web server bisa kunjungi artikel penulis tentang Pengertian Web Server Kemudian berikutnya kita membangun web server tersebut menggunakan aplikasi XAMPP yang sahabat bisa download di akhir artikel ini, kemudian setelah selesai di download langsung saja sahabat bocah komputer install seperti biasanya..

Jika sudah di install kita siapkan terlebih dahulu file aplikasi CBT nya, yang sahabat bisa download di akhir artikel ini. Kemudian sahabat extrack terlebih dahulu filenya biar enak taruh di desktop saja... Kemudian sahabat bocah komputer bisa pindah file hasil extrakan tersebut ke direktori C => XAMPP=> htdock (tergantung di mana sahabat taruh directory XAMPP pada waktu install sebelumnya untuk default nya seperti yang penulis sampaikan) taruh file ekstrakan tadi di dalam folder htdock. Berikutnya kita tinggal import atau memasukkan database beesmart ke pengelola database mysql kita, di sini penulis menggunakan aplikasi Navicat Premium Untu mengelola database mySQL, soalnya lebih enak menurut penulis dari pada langsung ke phpmyadmin hehe, tentunya aplikasi ini jug bisa sahabat bocah komputer download di akhir artikel ini...

demikian artikel kali ini, agar tidak terlalu panjang artikel yang penulis bahas, jadi untuk cara install / pasang serta lain-lain yang menyangkut beesmart, penulis bahas di artikel berikutnya.... terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa untuk terus kunjungi blog Bocah Komputer ini..

Post a Comment for "membangun server untuk ujian berbasis android atau cbt"

Berlangganan via Email