Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mudahnya membuat Hyperlink atau link di HTML atau blog

Apa kabar sahabat bocah komputer? semoga sahabat bocah komputer selalu senantia dalam keadaan sehat.. nah kali ini penulis akan membuat artikel tentang LINK, salah satu contoh seperti  membuat Link Download atau Link Demo sahabat bocah komputer pasti sering menemukan jika sahabat bocah komputer ke web download, bahkan di blog penulis ini pun ada yang menggunakan Link download dan Demo.seperti contoh pada artikel penulis berikut https://www.bocahkomputer.com/2019/11/aplikasi-tabungan-berbasis-web.html. dan kebetulan kali ini penulis bisa membuat artikel tentang cara membuat Link Donload, Demo, dll.


Ohya sahabat bocah komputer Selain penggunaan link ini untuk link download dan demo, Link ini juga bisa untuk menuju ke halaman lain, seperti yang sering penulis gunakan di blog ini. Bagaiamana cara membuat link menuju halaman lain? Tenang para sahabat bocah komputer karena pada kesempatan kali ini penulis akan mengupas sedikit demi sedikit tentang hal itu.

Untuk membuat LINK Download, Demo, dan menuju ke halaman lain kita menggunakan pasangan tag <a>.....</a> atau yang biasa disebut tag jangkar atau anchor tag. Bentuk paling sederhana dalam penggunaan tag jangkar ini adalah sebagai berikut :
<a href = “URL”> Label/Nama </a>
Dalam hal ini, URL (Uniform Resource Locator) dapat berupa alamat suatu dokumen Web, berkas grafik, ataupun menyatakan suatu protokol lain (misalnya FTP).

Membuat Hyperlink Pada Halaman HTML

Untuk mempraktikkan link, kita terlebih dahulu membuat dua berkas HTML kemudian dikasih nama menu_minuman.html kemudian yang kedua menu_makanan.html kemudian pada dokumen tersebut kita isi sebagai berikut.

File menu_minuman.html
<html> 
<head> 
<title> Menu Minuman </title> 
</head> 
<body> 
<H1>Es Teh </H1> 
<H1>Es Jeruk</H1> 
</body> 
</html>
File menu_makanan.html
<html> 
< head> 
<title> Menu Makanan </title> 
</head> 
<body> 
<H1>Es Teh </H1> 
<H1>Es Jeruk</H1> 
</body> 
</html>
Kemudian membuat halaman yang ke tiga, halaman ini yang nantinya di buat untuk menjadi pusat dari ke dua halaman sebelumnya,  katakan saja daftar menu. Biasanya daftar menu ini nanti akan berisi daftar minuman dan makanan. Ketika daftar minuman di klik maka akan di alihkan ke daftar minuman yang kita buat tadi, begitupun juga dengan daftar makanan.
Untuk daftar menu scriptnya kita buat seperti ini.
<html> 
<head> 
<title> Daftar Menu </title> 
</head> 
<body> 
Silahkan klik pada menu di bawah ini 
<a href = “menu_minuman.html”>Menu Minuman</a> 
<a href = “menu_makanan.html”>Menu Makanan</a> 
</body> 
</html>
Jadi total file yang kita buat untuk bahan praktek ini yaitu 3 file meliputi, daftar menu, daftar minumnan, dan daftar makanan.

Menentukan Warna Hyperlink

Label yang menjadi penghubung ke halaman web lain pada default nya diberi warna biru dan di beri garis bawah.  Untuk dapat merubah warna tersebut kita harus menambah atribut LINK pada tag <body> seperti contoh berikut:
<html> 
<head> 
<title>Bocah Komputer </title> 
</head> 
<body LINK=”black”> 
<H1> Bocah Komputer </H1> 
<a href=”https://www.bocahkomputer.com”> Bocah Komputer </a> 
</body> 
</html>
Maka pada contoh di atas label Bocah Komputer yang biasanya warna biru, kini label tersebut berwarna hitam.
Selain LINK, masih ada 2 atribut lagi yang bisa sahabat bocah komputer gunakan untuk pengaturan warna hyperlink:
ALINK berguna untuk menentukan link aktif, yaitu link yang telah diklik pemakai tetapi halaman belum selesai dibuka
VLINK berguna untuk menentukan warna link yang halaman Web terkaitnya telah dikunjungi.
Contoh cara penggunaannya sebagai berikut
<html> 
<head> 
<title>Bocah Komputer </title> 
</head> 
<body LINK=”black” ALINK=”green” VLINK=”pink”> 
<H1> Bocah Komputer </H1> 
<a href=”https://www.bocahkomputer.com”> Bocah Komputer </a> 
</body> 
</html>

Membuka Jendela Baru

Apa fungsi dari membuka jendela baru ini, ilustrasinya seperti ini kadang kita ketika klik link atau hyperlink maka halaman utama kita tadi secara otomatis akan di ganti dengan halaman link yang kita buka barusan, akan tetapi jika kita menggunakan atribut ini maka link yang kita klik tadi akan membuat jendela baru sehingga tidak akan menutup halaman utama kita tadi. Untuk atributnya bisa sahabat bocah komputer perhatikan berikut:
<html> 
<head> 
<title>Bocah Komputer </title> 
</head> 
<body LINK=”black” ALINK=”green” VLINK=”pink”> 
<H1> Bocah Komputer </H1> 
<a href=”https://www.bocahkomputer.com” TARGET = “_blank”> Bocah Komputer </a> 
</body> 
</html>
Demikian yang dapat penulis bagi untuk artikel kali ini, sahabat bocah komputer pasti bertanya-tanya bagaimana bagaimana cara membuat link tersebut di postingan blog. Pada dasarnya sama saja untuk membuat hyperlink di potingan blog kita Cuma menggunakan tag  <a href = “URL”> Label/Nama </a> dan bisa menggunakan atribut TARGET = “_blank”. Demikian jangan lupa untuk terus kunjungi blog bocah komputer ini..

Post a Comment for "Mudahnya membuat Hyperlink atau link di HTML atau blog"

Berlangganan via Email