Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Web Server

Daftar Isi [Tutup]
    Web Server adalah suatu program komputer yang memiliki tugas untuk menerima permintaan HTTP dari komputer Client, yang kita kenal dengan nama Web Browser dan melayani mereka dengan cara menyediakan respon HTTP berupa konten data dalam bentuk dokumen HTML dan objek seperti gambar dan lain-lain.


    Web Server, agar dapat menjalankan PHP yang menggunakan database MySQL dapat di gunakan 2 jenis Web Server yaitu secara Online dan Offline mode. jika kita menggunakan  web server mode online maka kita harus mempersiapkan domain dan hosting serta koneksi internet yang memadai, sehingga kita mengeluarkan biaya extra terlebih dahulu, sedangkan jika kita menggunakan Web Server mode offline maka kita cukup mempersiapkan komputer serta beberapa software pendukung untuk membuat sebuah server lokal di komputer kita. di sini jika sahabat bocah komputer baru belajar membangun web server, maka penulis merekomendasikan agar sahabat bocah komputer menggunakan cara yang ke dua, yaitu menggunakan web server mode offline, sehingga kita dapat mengelola website secara optimal sebelum kita benar-benar meng up-loud-nya ke web server Online / internet.

    sahabat bocah komputer masih ingatkan dengan artikel sebelumnya aplikasi Tabungan Berbasis Web, aplikasi tersebut penulis buat dengan bahasa pemrograman PHP, dan HTML serta di koneksikan dengan database MySQL, akan tetapi di aplikasi tersebut penulis menambahkan Framework CodeIgniter agar lebih mudah dalam pengembangannya, karna Framework CodeIgniter menggunakan model MVC atau Model, View, Controller, kemudian apa MVC itu? MVC merupakan metode yang memisahkan data (model) dari tampilan (View) dan bagaimana cara memprosesnya (controller). akan tetapi sebelum itu mari kita belajar dari bawah terlebih dahulu, seperti menyiapkan Web Server Lokal seperti yang kita bahas sekarang, karena dengan Web Server ini juga Sahabat Bocah Komputer bisa menjalankan aplikasi yang berbasis WEB yang sudah mudah di dapatkan di pencarian google, contoh aplikasi yang penulis buat tersebut aplikasi Tabungan Berbasis Web.

    berikut merupakan beberapa software yang dapat sahabat bocah komputer gunakan untuk membangun Web Server Lokal di  sistem Operasi Windows. di antaranya adalah WampServer, AppServer, XAMPP, PHP Triad atau Vertrigo. yang dapat sahabat bocah komputer download di halaman terakhir artikel ini, 

    aplikasi di atas merupakan gabungan dari php, Mysql database dan Apache. semuanya memiliki fungsi dan kemampuan yang sama, dan tentunya memiliki kelebihan dan kekurang yang berbeda di hati penggunanya, sahabat tinggal memilih satu saja mana yang mau sahabat gunakan, di sini kalau penulis menggunakan XAMPP. akan tetapi meskipun memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda, secara detail software tersebut pada umumnya memiliki fitur-fitur dasar yang sama seperti berikut :
    • HTTP : Setiap software Web Server bekerja dengan menerima permintaan HTTP dari client, dan memberikan respon ke client tersebut. seperti yang sudah penulis jelaskan di atas bahwa respon HTTP biasanya mengandung dokumen HTML dan juga bisa berupa berkas RAW, Gambar, dan Jenis Dokumen Lainnya.
    • Logging : Merupakan kemampuan untuk melakukan pencatatan alaut logging terhadap informasi detail mengenai permintaan client dan respon dari Web Server.
    Demikian Terlebih dahulu artikel ini, berikutnya kita membahas "Menyiapkan Web Server".

    Post a Comment for "Pengertian Web Server"