Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam dan Jenis Perangkat Input Komputer, Input Device Komputer

Macam dan Jenis Perangkat Input Komputer, Input Device Komputer - input device adalah sebuah perangkat yang berguna untuk memasukkan data dan juga berguna untuk memberikan perintah pada sebuah komputer agar bisa di proses lebih lanjut.

Berikut beberapa jenis perangkat Input Device.

Keyboard

Keyboard merupakan perangkat yang paling penting dalam sebuah pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts.Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.

Mouse

Mouse berfungsi untuk Menunjuk atau pointing device, atau lebih mudahnya mouse berfungsi untuk menggerakkan pointer atau panah yang bisadi lihat di layar monitor.
Perangkat input ini di temukan pertama kali oleh Douglas Engelbert Pada tahun 1963, pada awalnya mouse ini terbuat dari bahan kayu dan hanya memiliki 1 tombol. Seiring dengan perkembangan  mouse ini pada saat ini sdh semakin canggih lagi. Dan pada saat ini jenis mouse yang ada sama dengan jenis ke.

Touchpad

Pada sebuah laptop, mouse tidak lagi di gunakan akan tetapi pada laptop sudah menggunakan device lain yaitu Touchpad atau bisa di sebut juga  dengan trackpad yang memiliki fungsi yg sama dengan mouse.

Scanner

Perangkat input device berikutnya adalah scanner, alat ini memiliki fungsi dasar sebagai pengganda  berkas yang kemudian di konversi dan di jadikan sebagai file Dokumen. Scanner memiliki cara kerja dengan memindai setiap bagian lembaran yang menjadi inputnya atau dokumen utamanya sehingga tidak ada bagian yang tersisa.

Masih banyak lagi input device yang belum penulis uraikan. Mungkin next materi berikutnya penulis infokan lebih banyak dan detail lagi.

Post a Comment for "Macam dan Jenis Perangkat Input Komputer, Input Device Komputer"

Berlangganan via Email