Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Kerja Routing, Prinsip Kerja Routing

Daftar Isi [Tutup]
    https://www.bocahkomputer.com/ - dalam pengiriman data yang memiliki tujuan di luar jaringan Lokal, atau pengiriman data secara luas, maka tentulah kita membutuhkan sebuah aturan agar data tersebut bisa sampai ke tempat tujuan tersebut maka teknik Routinglah yang dapat kita gunakan. sedangkan alat yang menggunakan teknik ini di sebut dengan Router.
    Sebelum kita mengulas lebih jauh tentang Routing, mari kita pahami dulu ulasan singkat mengenai Routing ini.

    Apa Itu Routing?

    Routing Adalah sebuah tindakan yang meneruskan sebuah paket jaringan dari sumber jaringan yang berbeda menuju ke jaringan yang lain. sebagai contoh pada perusahaan A yang terletak pada Kota A mengirimkan Sebuah data dengan tujuan perusahaan B yang terletak pada Kota B, karena antara Kota A dan Kota B tidak dapat di jangkau dengan Jaringan Lokal / LAN maka kita memerlukan sebuah tindakan dari Routing Ini yang berfungsi untuk meneruskan pengiriman kita hingga sampai pada tujuan.

    Terjadinya Proses Routing.

    Proses terjadinya Routing berawal dari perangkat pengirim yang meminta untuk mengirimkan sebuah data ke penerima. sebagai contoh, Komputer Rizal mengirimkan sebuah email atau surat Elektronik atau Surel ke Ani. maka setiap komputer yang terhubung dengan jaringan pasti juga memiliki tabel Routing sendiri sehingga Routing ini menentukan bahwa paket data yang di terima atau di kirim termasuk data dari jaringan kita atau yang lainnya. maka dari itu kita sering di minta untuk konfigurasi Alamat IP Address untuk Gateway dalam komputer yang kita gunakan untuk berkomunikasi dalam contoh tersebut mengirim sebuah Surel. dari gateway tersebutlah paket di teruskan dari jaringan lain ke gateway default nya.

    Cara Melihat Daftar Routing Pada Windows.

    pada Sistem Operasi Windows kita dapat melihat atau mengecek Tabel Routing yang kita miliki dengan cara ketik perintah "route print" pada Command Prompt atau CMD tanpa tanda petik("). seperti contoh pada gambar berikut:
    setelah di tekan enter maka akan tampil text sebagai berikut :
    dari hasil gambar di atas maka dapat kita simpulkan sebagai berikut :
    1. IPv4 Route Tabel : merupakan subjudul dari informasi tabel routing yang menggunakan Alamat IP Address V4.
    2. Active Route : adalah memberikan daftar informasi Routing yang aktif dalam host Komputer kita.
    3. Network Destination : Merupakan alamat tujuan jaringan, Netmask : adalah Sub Network, Gateway adalah alamat Route kita, Interface adalah alamat interface yang akan di lewati paket data komputer kita, dan terakhir metric adalah prioritas pengiriman paket data.
    4. Pada Kolom Network Destination akan secara otomatis terisi dengan nilai 0.0.0.0 yang artinya akan di kirmkan ke semua tujuan jaringan yang tidak terdaftar sehingga IP Stack nantinya akan menggunakan  informasi ini untuk menentukan bagaiamana paket jaringan akan di teruskan ke tujuan yang tidak terdaftar dalam tabel.
    5. Pada Kolom Netmask bernilai 0.0.0.0, artimya sama dengan no 4. dengan nilai ini maka semua paket data yang di kirimkan tidak terbatas pada subnetmask tertentu sehingga paket akan di kirimkan terhadap semua subnetmask yang ada dalam jaringan.
    6. Pada Kolom Gateway, pada gambar terlihat nilainya adalah IP Address 21.2.1.1 maka setiap kemungkinan paket data dengan tujuan yang tidak terdaftar dan tidak berada dalam jangkauan netmask akan di arahkan pada IP Router 21.2.1.1.
    7. Pada Kolom Interface bernilai 21.2.1.239 yang artinya ini merupakan alamat komputer kita atau alamat host komputer kita.
    8. kolom metric merupakan sebuah nilai yang menjadi acuan bagi tabel Routing untuk menentukan arah paket data yang akan di Routingkan. semakin tinggi nilai pafa metric ini maka semakin rendah Prioritasnya.

    Post a Comment for "Cara Kerja Routing, Prinsip Kerja Routing"